Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online?

Beranda / Edukasi / Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online?
Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online?

Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online?

Pandemi saat ini memunculkan berbagai kebijakan baru di segala bidang untuk mengurangi interaksi fisik. Di institusi Pendidikan, diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) yang semuanya dilakukan secara daring. Kebijakan tersebut mengharuskan guru beradaptasi dengan digitalisasi. Selain itu, sebagai pendidik, guru juga dianjurkan tetap menimba ilmu dengan mengikuti berbagai pelatihan online.

Pelatihan online jadi salah satu solusi untuk tetap produktif ketika ruang gerak fisik dibatasi. Sebagai guru, Anda bisa menekuni bidang lain untuk menambah kualitas diri. Biasanya, pelatihan seperti ini tidak membutuhkan biaya, hanya kuota internet. Anda bisa mengikutinya setelah waktu mengajar atau hari libur.

Berbagai pelatihan online bisa Anda ikuti sesuai dengan kebutuhan diri atau untuk memaksimalkan metode pembelajaran di kelas online. Lalu, bagaimana cara guru mempersiapkan diri mengikuti pelatihan tersebut? Berikut tipsnya.

Mempersiapkan Diri dengan Mengenali Potensi

Persiapan pertama kali, selain memastikan sambungan internet dan komputer baik, adalah mengenali kemampuan yang dikuasai dan potensi diri yang bisa kembangkan. Dengan mengukurnya, Anda bisa membaca potensi yang menguntungkan di kemudian hari.

Meski dilakukan secara daring, Anda dianjurkan sudah siap beberapa menit sebelumnya. Anda harus dalam kondisi prima dan berpenampilan rapi layaknya mengikuti pelatihan tatap muka.

Catatlah materi yang diberikan oleh mentor, agar lebih mudah mengulangi materi yang diberikan, jika suatu waktu Anda memerlukannya. Pencatatan juga bisa membantu Anda untuk mengingat kembali apa yang sedang disampaikan.

Baca juga: Pendidikan 4.0 Apa Itu dan Bagaimana Mempersiapkannya

Memilih Pelatihan Online Terbaik

Dengan mengetahui potensi diri, memilih pelatihan online bisa terarah untuk mengembangkan skill dan pengetahuan. Pilihlah pelatihan terbaik, dilihat dari kelengkapan struktur materi yang diajarkan, mentor pengisi kelas, dan ulasan dari orang-orang yang pernah mengikutinya.

Anda juga bisa memilih pelatihan untuk menambah keterampilan dalam mengajar, seperti tentang platform belajar online, aplikasi pembelajaran online, dan praktik desain kelas online demi kelas yang interaktif dan menyenangkan.

Selain itu, ada juga pelatihan untuk menguasai materi kompetensi dasar di bidang pedagogi dan profesional, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan sebagainya.

Melalui materi yang terstruktur dan penjelasan dari mentor yang kompeten di bidangnya, belajar di masa pandemi bukan lagi halangan. Meski tatap muka secara daring, Anda bisa menambah wawasan dan meningkatkan kualitas diri.

Ikuti Pelatihan Online secara Penuh

Meski tidak tatap muka secara langsung, pelatihan online wajib diikuti secara penuh. Agar terstruktur, Anda bisa mengatasinya dengan cara membuat jadwal belajar –mengingat aktivitas harian sudah dipenuhi dengan jadwal mengajar.

Durasi pelatihan online biasanya tidak dilakukan setiap hari dan hanya 1—2 jam per pertemuan. Jadwalkan pelatihan pada waktu yang tepat, misalnya setelah mengajar, atau sebelum mengajar ketika kondisi badan bugar dan segar. Adanya jadwal belajar membuat Anda lebih siap untuk menyerap materi yang disampaikan.

Gunakan Semua Fasilitas yang Disediakan

Ketika memilih jenis pelatihan, cermatlah dalam membaca ketentuan yang diberikan. Harus jelas materi apa saja dan fasilitas apa yang bisa Anda dapatkan. Biasanya, pada beberapa pelatihan memberikan kontak mentor atau dibuatkan grup obrolan untuk mendiskusikan materi dan penugasan. Anda bisa menggunakannya untuk berdiskusi sewaktu-waktu.

Ada juga pelatihan online yang memberikan materi sebelum dimulai dalam bentuk softcopy. Anda bisa membaca terlebih dahulu, agar saat pelatihan dimulai lebih mudah untuk memahaminya. Anda juga bisa mempersiapkan pertanyaan kepada mentor.

Pada beberapa pelatihan, ada juga yang memberikan hasil rekaman video atau tersimpan di kanal milik penyelenggara. Tidak ada salahnya Anda menyimpan atau mengunduhnya, agar bisa kembali melihat rekaman pelatihan.

Evaluasi Materi

Setelah mengikuti semua pelatihan online, Anda bisa merangkum seluruh materi. Anda bisa mengukur sejauh mana wawasan dan skill baru yang sudah dipraktekkan, atau keterampilan yang masih kurang maksimal. Hal ini bisa jadi catatan, apakah butuh pelatihan lain, atau cukup mendiskusikannya dengan mentor tentang hal-hal yang masih belum dimengerti.

Jika evaluasi sudah dilakukan, Anda bisa mengaplikasikannya pada aktivitas harian, dalam proses pembelajaran online misalnya, atau dalam pertemuan sesama guru. Pengetahuan atau skill baru yang Anda peroleh juga bisa dibagikan kepada rekan sejawat.

Baca juga: 6 Karakteristik Kelas Online Interaktif, Seperti Apa

Program Acer for Education untuk Para Guru

Acer for Education memberikan program untuk pelatihan dan sertifikasi kepada sekolah dan guru. Beberapa manfaatnya, seperti menjadi solusi lengkap pendukung proses belajar-mengajar yang terintegrasi, juga lebih efektif dan efisien untuk pengadaan perangkat pembelajaran.

Selain itu, gratis LMS selama 1 tahun, adanya pengadaan laptop untuk guru, dan akses untuk pelatihan hingga sertifikasi guru. Sekolah juga berkesempatan untuk mendapat sponsor event, pengembangan Smart Classroom yang didukung oleh Acer, dan Co-marketing untuk publikasi bersama maupun sekolah. 

Program ini juga memiliki penawaran harga khusus untuk guru dan murid. Untuk mengembangkan kualitas guru, program Acer for Education menawarkan set solusi lengkap yang dirancang untuk kebutuhan guru maupun sekolah.Tips-tips di atas mudah dilakukan bagi para edukator tentang bagaimana mempersiapkan diri sebelum mengikuti pelatihan online agar ilmu yang didapat dapat terserap dengan baik. Keadaan New Normal, ketika orang-orang memilih berdiam diri di rumah, ada banyak hal dilakukan melalui internet. Bukan hanya belanja atau membeli makanan, tapi juga mengikuti pelatihan online yang bisa menjadi salah satu solusi untuk tetap produktif di masa pandemi.