Sudah Tepatkah LMS yang Digunakan di Sekolah Anda?

Beranda / Edukasi / Sudah Tepatkah LMS yang Digunakan di Sekolah Anda?
Sudah Tepatkah LMS yang Digunakan di Sekolah Anda?

Sudah Tepatkah LMS yang Digunakan di Sekolah Anda?

Learning Management System (LMS) merupakan produk teknologi pendidikan yang semakin dibutuhkan oleh sekolah. Terlebih pada masa sekarang, di mana pembelajaran daring menjadi metode terbaik dan paling aman bagi murid, guru dan orang tua. LMS mampu memberikan manfaat yang dapat membuat pembelajaran daring lebih berkualitas.

Mengingat kian meluasnya penggunaan LMS untuk pendidikan, bisa jadi sekolah Anda termasuk salah satunya yang sudah mengintegrasikan LMS dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya, investasi yang sudah digelontorkan tidak sedikit. Tapi, apakah hasilnya sesuai ekspektasi Anda? Karena keberadaan LMS yang digunakan saat ini terasa belum optimal, Anda mungkin sedang mempertimbangkan untuk menggantinya. Namun kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

Jika sebagai pengguna Anda mengalami permasalahan yang akan dipaparkan di bawah ini, maka,  sekarang merupakan waktu yang paling tepat untuk mengganti LMS di sekolah Anda. Lantas, apa saja permasalah tersebut? Mari kita ulas satu per satu.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Guru Ketika Mengajar dan Solusinya

5 Alasan Kenapa Harus Mengganti LMS

  1. Sulit untuk Digunakan

Salah satu fungsi LMS adalah untuk meningkatkan minat belajar dan keterlibatan siswa saat belajar online. Oleh karenanya, secara tampilan atau visual, sebuah LMS haruslah menarik. Tak kalah penting LMS juga harus mudah untuk dioperasikan. Jika guru dan murid kerap kebingungan dan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan dan menggunakan sebuah fitur, itu tandanya LMS yang Anda gunakan sulit untuk dioperasikan. Artinya, sudah saatnya untuk mengganti LMS Anda dengan yang lain.

  1. Layanan Teknis dan Pemeliharaan Tidak Memadai

Pengguna bisa sangat mungkin mengalami kebingungan saat harus mengoperasikan LMS. Terlebih jika teknologi ini baru diaplikasikan di sekolah. Mulai dari masalah yang sederhana seperti lupa password hingga masalah yang lebih serius seperti fitur yang error dan lain sebagainya.

Keberadaan tech support tidak hanya memastikan transfer pengetahuan terjadi melalui training, melainkan sebagai solusi yang menyediakan konsultasi atas berbagai persoalan yang dihadapi pengguna. 

  1. Berbiaya Mahal

Biaya akan selalu jadi masalah, terlebih dalam kondisi sekarang di mana sekolah diminta untuk ketat dalam mengatur biaya operasional. Kecuali jika LMS yang digunakan di sekolah Anda dapat dimiliki secara gratis. Oleh karena itu, jika LMS yang digunakan di sekolah Anda tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang ada, mencoba produk lain yang menawarkan harga yang lebih sesuai bujet atau bahkan gratis adalah solusinya.

  1. Data Statistik dan Hasil Analisis Tidak Sahih

Salah satu fitur LMS yang sangat penting adalah data statistik dan laporan. Fitur ini membantu guru memantau dan mengevaluasi perkembangan akademik siswa. Oleh karenanya, data yang disampaikan haruslah akurat. Fitur pelaporan yang ada juga haruslah sesuai dengan kebutuhan guru maupun sekolah secara keseluruhan.

  1. Banyak Fitur yang Tidak Berguna

Fitur merupakan salah satu alasan saat memilih LMS. Sebuah LMS yang baik haruslah memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Tidak sedikit LMS yang menawarkan fitur-fitur canggih, namun kurang membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi sekolah.

Fitur yang Harus Ada dalam LMS Anda!

Fungsi utama LMS adalah untuk membantu sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karenanya, saat memilih LMS Anda wajib memastikan platform yang ada mampu memenuhi seluruh kebutuhan, sehingga menciptakan pengalaman belajar terbaik bagi siswa dan guru. Lantas, apa saja fitur utama yang harus ada dalam sebuah LMS. Berikut ini ulasannya:

  • Kelas Online

Salah satu fitur utama yang harus ada pada LMS adalah fitur kelas online. Fitur yang baik pada kelas online tidak hanya memungkinkan guru untuk menjadwalkan dan menyelenggarakan sesi kelas live baik untuk kelompok murid maupun individu saja, melainkan memiliki sejumlah fungsi penting seperti recording, rise hand, chat, mute, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Guru dan Orang Tua Meningkatkan Minat Baca Siswa

  • Fitur Diskusi dan Kolaborasi

Interaksi melalui diskusi dan kolaborasi merupakan salah satu elemen penting dalam pembelajaran online. Melalui diskusi dan kolaborasi, siswa tidak hanya dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran, melainkan membantu sesama siswa yang kesulitan.

LMS yang baik harus memiliki fitur yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Misalnya, melalui LMS guru dapat membuat kelompok belajar, atau fungsi percakapan melalui teks yang dapat diakses murid.

  • Konten Pembelajaran

Selain sekian fungsi di atas, LMS yang bagus harus dilengkapi dengan konten pembelajaran yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum. Konten tersebut dapat berupa:

  • Buku digital dari penerbit yang tersertifikasi dan sama dengan buku cetak yang memang digunakan oleh sekolah-sekolah pada umumnya.
  • Presentasi atau slide untuk mengajar
  • Video interaktif
  • Laporan dan Monitoring

LMS yang berkualitas juga harus menyediakan fitur yang memampukan guru untuk memantau performa akademik siswa, mulai dari aktivitasnya saat membaca buku, absensi kelas, hingga pengerjaan tugas dan ujian. Tidak hanya guru, fitur laporan juga harus bisa diakses oleh orang tua sehingga orang tua bisa mendapatkan laporan yang diinginkan terkait rincian aktivitas belajar siswa.

Kepala sekolah memiliki akses untuk laporan seluruh siswa secara general dan masing-masing kelas hingga aktivitas para guru

  • Fitur Lembar Ujian dan Tugas Online

Ujian dan tugas merupakan salah satu metode penting untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. LMS yang bagus haruslah memiliki fitur yang dapat membantu guru menyiapkan tugas dan soal ujian dari materi-materi yang telah disampaikan. LMS yang baik juga mampu memberikan keleluasaan bagi guru untuk melakukan customize soal ujian online, penilaian dan catatan. 

Sedangkan dari sisi murid, LMS yang baik menyediakan fitur yang mampu membuat pengerjaan dan penyerahan tugas lebih efisien dan mudah. Contohnya, murid dapat mengerjakan tugas langsung dari lembar tugas yang diberikan oleh guru.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Jelajah Ilmu Sebagai Solusi 

Sekian fitur LMS yang ada di atas dapat Anda temukan di Jelajah Ilmu. Bagi Anda yang belum mengenal, Jelajah Ilmu bukan sekadar LMS atau aplikasi kelas online saja. Jelajah Ilmu menawarkan solusi komprehensif untuk dunia pendidikan, yang secara terintegrasi menggabungkan solusi pembelajaran digital dengan Standar Internasional yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, di mana di dalamnya terdapat materi pengajaran harian, bank soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, buku digital dari penerbit bersertifikasi yang diharapkan dapat membantu guru dan sekolah dalam mengembangkan materi pembelajaran yang lebih kreatif dan berkualitas serta memberikan keleluasaan dan kemandirian siswa dalam belajar. 

Jelajah ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis, baik secara online, tatap muka maupun hybrid.

Oleh karenanya, cukup menggunakan Jelajah Ilmu, segala kebutuhan penting dalam pelaksanaan pembelajaran sudah terpenuhi. Nah, tertarik mengintegrasikan Jelajah Ilmu di sekolah Anda? Segera hubungi Jelajah Ilmu sekarang dan tingkatkan kualitas pendidikan di sekolah Anda.

Itulah pemaparan bagaimana memilih platform LMS terbaik yang tepat untuk proses belajar mengajar Anda. Selamat mencoba!