4 Oktober 2021

7 Cara Terbaik untuk Mempromosikan Sekolah Anda

Tingkat persaingan antar sekolah untuk mendapatkan murid, khususnya di kota besar di Indonesia, diprediksi akan semakin ketat. Salah satu alasannya adalah jumlah sekolah yang semakin banyak.

Seperti DKI Jakarta, berdasarkan data Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2020 terdapat 6.421 sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Dari jumlah tersebut, sekolah swasta mendominasi dengan besaran mencapai 69% dari total sekolah yang ada.

Oleh karenanya, untuk mendapatkan murid yang prospektif, sekolah tidak hanya wajib menawarkan kualitas pendidikan, yang dapat terlihat dari tingkat akreditasi, maupun pengakuan dari lembaga riset terpercaya, melainkan juga harus mempromosikan institusinya dengan baik.

Setidaknya, ada sejumlah alasan mengapa sebuah sekolah yang memiliki kualitas pendidikan baik sekalipun harus mempromosikan sekolahnya. Berikut ini adalah 5 alasan di antaranya:

  • Kualitas Pendidikan Kelompok Sekolah Favorit Berimbang

Saat sekolah Anda masuk dalam jajaran sekolah terbaik, tingkat persaingan akan semakin ketat karena para pesaing juga menawarkan kualitas yang serupa. Nah, untuk membedakan dan membuat sekolah Anda unik di mata calon murid dan orang tuanya, promosi sekolah dapat menjadi faktor pembeda.

  • Sekolah Anda Tergolong Baru Berdiri

Sebaik apapun sarana, prasarana dan tenaga pendidik, akan percuma jika sekolah Anda tidak dikenal oleh calon siswa. Salah satu cara agar sekolah baru bisa dikenal dan bersaing dengan sekolah yang sudah lama berdiri adalah dengan menjalankan strategi promosi sekolah yang tepat.

  • Promosi yang Tepat Dapat Menarik Minat SDM Terbaik

Jika promosi dilakukan dengan tepat, sekolah Anda tidak hanya akan menarik minat para calon murid yang prospektif, melainkan juga tenaga pendidik yang berkualitas. Guru yang berkualitas tentunya sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah Anda

  • Mudah Mendapatkan Sponsor

Dengan semakin dikenalnya sekolah Anda, maka akan banyak brand maupun donatur yang bersedia untuk membantu saat sekolah Anda mengadakan kegiatan.

Baca Juga: Gamifikasi Dalam Pendidikan, Keuntungan dan Contoh Penerapannya di Sekolah

Cara Promosi Sekolah yang Tepat

Di tengah pembatasan interaksi sosial akibat pandemi Covid-19, banyak sekolah yang mengalihkan strategi promosinya ke media digital. Meskipun potensinya cukup besar untuk meningkatkan popularitas sekolah, menjalankan strategi promosi online bisa lebih menantang dibandingkan dengan sekadar menerima kunjungan langsung dari calon murid dan orang tuanya. 

Nah, jika sebagai kepala sekolah atau staf marketing sekolah Anda tengah berupaya mempromosikan sekolah secara online, berikut ini sejumlah cara promosi yang harus masuk dalam strategi marketing Anda.

  1. Membuat Website yang Representatif

Website adalah media promosi paling dasar yang harus dimiliki sekolah Anda. Jika selama ini Anda belum mengelola website sekolah dengan baik, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan revamp alias mengganti/memperbaiki perwajahan, konten dan informasi dalam website

Pastikan ketika calon murid dan orang tuanya berkunjung ke website sekolah, mereka dapat menemukan informasi-informasi penting secara mudah dan user friendly. Perbaiki alur website sehingga pengunjung dapat merasa seperti mendatangi langsung sekolah Anda.

  1. Digital PR

Digital PR adalah cara promosi yang digunakan untuk meningkatkan popularitas sekolah secara online. Taktik promosi ini memiliki sejumlah keuntungan di antaranya keberhasilan sebuah kampanye promosi, dapat diukur dari berbagai metrik yang nyata. Ada berbagai cara untuk menjalankan digital PR, berikut ini contohnya:

  • Rutin mengirimkan press release kepada media online agar secara teratur hadir di media.
  • Beriklan di media online.
  • Mengisi konten untuk website yang berkaitan dengan pendidikan.
  1. Mempromosikan Sekolah Melalui Social Media

Social media merupakan platform terbaik untuk mempromosikan sekolah ke calon murid dan orang tuanya. Sebab, selain website, social media merupakan tempat orang untuk melakukan riset terhadap suatu brand, tak terkecuali saat murid dan orang tuanya mengumpulkan informasi mengenai sekolah.

Upayakan agar sekolah Anda memiliki akun di social media utama seperti Facebook, Instagram dan TikTok. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika memanfaatkan sosial media untuk kebutuhan promosi sekolah:

  • Secara teratur posting informasi yang relevan dan berkualitas.
  • Gunakan desain yang menarik.
  • Gunakan media sosial sebagai akun customer service. Oleh karenanya, pastikan admin sosial media aktif dalam menjawab pertanyaan yang ada.
  • Gunakan paid ads untuk postingan yang bersifat promosi.
  • Manfaatkan Facebook untuk membangun forum online yang beranggotakan orang tua, murid dan alumni.
  1. Gunakan Influencer Pendidikan

Sebuah studi yang dirilis Marketing Chart menyebut, dalam memilih sebuah produk, gen z sangat mempertimbangkan saran influencer yang mereka sukai. Jika sekolah Anda memiliki budget, cobalah untuk menggunakan jasa influencer saat mempromosikan sekolah. Menjalin dan membina hubungan dengan influencer pendidikan juga akan menguntungkan sekolah karena dapat meningkatkan brand awareness.

  1. Buat Video Profesional Berdurasi Pendek

Di era digital, video telah menjadi salah satu alat promosi dan komunikasi yang efektif. Video dapat didistribusikan dengan lebih mudah dan murah ketimbang media promosi cetak seperti brosur, poster, dan lainnya.

Pastikan video promosi ini dibuat secara profesional dan berdurasi tidak lebih dari 100 detik. Tujuannya agar orang tertarik untuk meluangkan waktu dan mudah didistribusikan melalui media sosial.

Baca Juga: 5 Media Pembelajaran Matematika Terbaik dan Terbaru

  1. Kelola Blog Sekolah

Trik promosi selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah mengelola blog sekolah. Alasannya karena blog merupakan cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas website sekolah Anda dengan biaya yang nyaris gratis. Mulailah memproduksi artikel yang membantu menjawab pertanyaan murid dan orang tua murid yang berkaitan dengan pendidikan dan sekolah. Libatkan para guru, staf sekolah hingga murid untuk menjadi kontributor blog. 

  1. Mengikuti Acer Smart School Awards 2021

Salah satu cara meningkatkan brand image sekolah adalah dengan rutin mengikuti kompetisi antar sekolah. Pada kegiatan seperti ini, sekolah bisa menguji sekaligus memamerkan kualitas murid, tenaga pendidik serta keunggulan-keunggulan lainnya.

Terlebih jika sekolah Anda berhasil memenangi kompetisi tersebut. Selain akan meningkatkan gengsi dan status akademik, sekolah Anda juga berpotensi mendapatkan promosi gratis melalui kampanye yang dilakukan penyelenggara kompetisi.

Nah, salah satu kegiatan yang baik diikuti sekolah adalah Acer Smart School Awards 2021. Penghargaan berskala nasional ini diadakan untuk mengapresiasi sekolah dan pendidik di Indonesia yang sukses mendorong transformasi teknologi dalam aktivitas belajar mengajar. 

Penghargaan dengan total hadiah senilai lebih dari Rp 500 juta ini memiliki tiga kategori lomba yakni Smart School of The Year, Kepala Sekolah Inspiratif dan Guru Kreatif yang diperlombakan untuk semua tingkat pendidikan baik SD, SMP, SMA hingga SMK. 

Peserta Acer Smart School Awards 2021 yang telah melakukan pendaftaran pada 12 Agustus hingga 14 September kini tengah memasuki masa pembekalan untuk kemudian mengikuti pelatihan wajib yang berlangsung selama 16-28 September 2021.

Sejumlah profesor, para praktisi pendidikan dan ahli teknologi edukasi dari Acer akan menjadi narasumber pada pelatihan tersebut. Setelah mengikuti pelatihan, para peserta akan memasuki tahap penerapan gagasan, pembuatan dan pembaruan proposal pada bulan November. Kemudian, proposal peserta akan masuk pada tahap penjurian selama tanggal 1-10 Desember 2021. Acer Smart School Awards 2021 akan ditutup pada 15 Desember 2021 melalui pengumuman pemenang.

Acer Smart School Awards 2021 merupakan penghargaan bergengsi yang didukung oleh Kemendikbud Ristek, Persatuan Guru Republik Indonesia, Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia. 

Itulah 7 hal yang dapat dilakukan para instansi sekolah untuk mempromosikan sekolah untuk meningkatkan daya saing dengan sekolah lainnya.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya