Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise

Beranda / Edukasi / Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise
Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise

Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise

Microsoft akhirnya merilis Windows 11 pada 5 Oktober 2021. Sistem operasi ini merupakan versi upgrade dari Windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015. Selain tampilan antarmuka yang berubah drastis, sejumlah fitur baru seperti Snap Assist untuk multitasking, fitur kolaborasi melalui integrasi dengan Microsoft Teams, fitur gaming hingga tersedianya aplikasi Android di Microsoft Store akan dapat dinikmati oleh para penggunanya.

Sama seperti sistem operasi pendahulunya, Windows 11 tersedia dalam beberapa varian, yakni Windows 11 Home, Pro, & Enterprise. Bagi para pelajar, tenaga pendidik, dan institusi pendidikan, Microsoft menawarkan varian dari versi Enterprise yang khusus diperuntukkan bagi kebutuhan pendidikan. Melalui tools dan fitur yang tersedia, versi edukasi dapat membantu guru dan siswa untuk belajar, berkolaborasi dan melakukan inovasi dalam sebuah ekosistem sistem operasi yang aman dan terpercaya.

Microsoft memang menganjurkan institusi pendidikan untuk menggunakan Windows 11 Education. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara versi edukasi dengan varian lainnya? Nah, agar Anda dapat menentukan pilihan yang tepat, berikut ini komparasi Windows 11 Education, Home dan Pro yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik

Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise

Microsoft dalam situs resminya menyebut peruntukan dari masing-masing varian. Berikut ini penjelasannya:

  • Windows 11 Home diperuntukan untuk kebutuhan rumahan.
  • Windows 11 Pro diperuntukan bagi para pelaku bisnis.
  • Windows Education diperuntukkan untuk kebutuhan dunia pendidikan.
  • Windows Enterprise diperuntukan bagi organisasi yang membutuhkan keamanan ekstra dan kontrol terhadap fitur, aplikasi dan manajemen sistem operasi.

Selain peruntukannya yang ditujukan untuk masing-masing latar belakang pengguna, berikut ini adalah lima perbedaan mendasar dari tiap-tiap versi Windows 11:

  1. Instalasi Awal

Perbedaan antara Windows 11 Home dan Pro serta Enterprise sudah terlihat saat pengguna melakukan instalasi awal. Pada Windows 11 Home, pengguna yang ingin melakukan instal harus memiliki koneksi internet dan akun Microsoft (MSA). Sedangkan pada versi Pro dan Enterprise, instalasi tidak mensyaratkan adanya koneksi internet dan bisa dilakukan menggunakan akun lokal.

  1. Spesifikasi Hardware

Dalam laman resminya, Microsoft menetapkan syarat spesifikasi perangkat agar dapat menggunakan sistem operasi Windows 11 seperti RAM 4GB, kapasitas penyimpanan minimal 64 GB, 1Ghz dual-core CPU, TPM 2.0 dan DirectX 12.

Namun, jika Windows 11 Home hanya support CPU dengan core sebanyak 64 dan RAM 128GB, Windows PRO dan dapat support CPU dengan total core sebanyak 128 (dual CPU system) dan RAM hingga sebesar 2TB.

  1. Sistem Keamanan

Bitlocker memiliki dua fungsi yakni mengunci drive pada partisi HDD di komputer sehingga orang yang tidak mengetahui password partisi drive tidak dapat membukanya. Sedangkan fungsi kedua adalah sebagai tools enkripsi. Windows 11 Pro juga dilengkapi dengan Windows Information Protection (WIP)  yang memberikan akses untuk mengelola data policy untuk apps dan dokumen.

  1. Teknologi Virtualisasi

Perbedaan utama berikutnya antara Windows 11 Home dan Pro adalah dukungan untuk fitur virtualisasi. Windows 11 Home tidak mendukung Hyper-V atau Windows Sandbox

Meskipun dapat digunakan sebagai klien Desktop Jarak Jauh, versi Home tidak dapat menjadi host, sehingga pengguna tidak dapat mengakses PC yang menggunakan Windows 11 Home dari jarak jauh menggunakan Microsoft Remote Desktop

Sementara, Windows 11 Pro mendukung semua fitur tersebut. Hyper-V adalah alat virtualisasi bawaan Windows, yang berarti pengguna dapat membuat mesin virtual dengannya. Jika pengguna ingin mencoba sistem operasi yang berbeda, atau menggunakan versi Windows yang lebih lama karena alasan tertentu, pengguna dapat melakukannya menggunakan Hyper-V. Mesin virtual tidak membuat perubahan pada PC host, jadi pengguna dapat melakukan semuanya tanpa risiko. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Pilihan Terbaik Acer Tahun 2021

  1. Cara Mendapatkannya

Jika Windows 11 versi Home bisa diperoleh secara gratis dengan melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, maka versi Pro dan Enterprise bisa diperoleh dengan melakukan pembelian lisensi. 

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa lisensi Windows yang dapat kita beli yakni lisensi retail dan lisensi volume. Jika lisensi retail bisa dibeli untuk orang perorangan, lisensi volume biasanya dipergunakan untuk sebuah organisasi baik perusahaan maupun instansi pemerintah.

Tabel Komparasi Fitur

Untuk mempermudah Anda memahami perbedaan fitur seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut ini tabel komparasi fitur yang dapat Anda baca.

FiturWindows 11 HomeWindows 11 ProWindows 11 EnterpriseWindows 11 Education
Akun Microsoft
Remote Desktop
Hyper V Virtualization
Windows Sandbox
Bitlocker
Windows Information Protection
Group Policy
Windows Update untuk Bisnis
Setup Kiosk
Support dual CPU systems dan 2TB RAM

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop

Nah, demikianlah ulasan mengenai perbedaan Windows 11 Home, Pro, Education dan Enterprise. Bagi Anda yang membutuhkan laptop baru dengan sistem operasi Windows 11 dalam jumlah banyak untuk kebutuhan edukasi hingga bisnis? 

Acer bisa menjadi alternatif terbaik yang dapat Anda pilih. Tertarik menggunakan laptop Acer dengan sistem operasi Windows 11? Hubungi Acer sekarang juga dan dapatkan penjelasan dan penawaran selengkapnya.