10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Beranda / Edukasi / 10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Kita tentu tidak asing dengan kutipan ini: “Ketahanan dan kekuatan suatu bangsa terletak pada bidang pendidikan”. Apa yang diungkapkan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Daoed Joesoef ini memang benar. Tidak ada bangsa yang maju, bila tidak didukung oleh pendidikan yang kuat. 

Seperti kita ketahui bersama, sumber daya manusia unggul adalah aset bagi negara. Bila SDM sebuah negara berkualitas tinggi, tentu akan mampu mengelola seluruh SDA yang ada dengan maksimal. Hasilnya tentu akan mencapai kesejahteraan bangsa. 

Agar SDM sebuah negara berkualitas, tentu sistem pendidikan menjadi kunci yang menentukan. Nah, negara mana yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus? Jika dahulu SDM yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa disebut-sebut yang paling baik. Saat ini, sejumlah negara di Asia telah berhasil menjadi bagian dari negara dengan sistem pendidikan paling baik di dunia.

Negara mana saja dengan sistem pendidikan terbaik di dunia? Lalu apa keistimewaan negara tersebut dalam pendidikannya? Berikut  daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik. 

Baca juga: 5 Kode Etik yang Dijunjung Seorang Guru dan Sanksinya

Mengulas Sistem Pendidikan Negara-Negara Besar

1. Inggris

Pendidikan Inggris memiliki reputasi paling baik di dunia. Bagaimana model pengajarannya? Rupanya sistem pendidikan di Inggris bertumpu pada suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Murid-murid di Inggris diberi kebebasan besar untuk mengeksplorasi ide-ide sendiri sehingga melatih murid sejak dini menjadi kreatif.

Cara mengajar di Inggris, guru rutin berbagi ide dan murid di kelas debat, diskusi, dan kuis atas materi yang disampaikan. Murid juga terbiasa mendengar lagu, menonton film hingga membaca majalah untuk memperluas wawasan mereka. Selain itu, suasana belajar yang dibangun juga berkonsep seperti permainan sehingga murid merasa nyaman dan senang saat belajar.

Di bawah sistem sekolah Inggris saat ini, semua murid belajar Bahasa Inggris, Matematika, Sains, Kemanusiaan dan Bahasa. Selain itu sekolah juga dilengkapi dengan pelajaran pilihan seperti: Seni, musik, drama, bahasa latin, ilmu olah raga, teknologi, desain hingga ilmu komputer. Murid pun bisa memilih beberapa mata pelajaran yang dianggap menarik untuk mereka.

2. Amerika Serikat 

Salah satu yang membuat sistem pendidikan AS disebut terbaik di dunia adalah karena menawarkan fleksibilitas. Maksudnya, murid diberikan penawaran untuk memilih disiplin ilmu apa yang diminatinya. Bahkan murid bisa mendapatkan pelatihan kerja ketika masih berada di bangku sekolah.

Melalui pilihan disiplin ilmu secara mandiri, murid dapat mengatur sendiri kebutuhan akademik mereka. Sehingga murid di Amerika terbiasa dengan mindset berprestasi karena memilih ilmu yang mereka sukai. Hal ini didukung dengan arahan serta motivasi guru sejak berada di bangku sekolah. Murid-murid mendapatkan arahan tentang masuk perguruan tinggi yang baik.

Sistem pendidikan di Amerika Serikat juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Jauh sebelum pandemi Covid-19, sejumlah sekolah di (AS) telah menggunakan platform belajar yang membantu murid dan guru dalam proses belajar mengajar. 

3. Kanada

Sistem pendidikan di Kanada dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia, karena telah menanamkan muridnya sejak sekolah dasar untuk belajar berbagai mata pelajaran: membaca, matematika, bahasa Inggris dan Perancis, sejarah, sains, musik, sosial, olahraga dan seni dengan giat. Setelahnya, barulah murid memilih mata pelajaran yang diminati.

Selain itu, lingkungan belajar di Kanada juga sangat menyenangkan. Didukung fasilitas yang lengkap dengan ruang terbuka yang lebar dan indah, keragaman multikultural, lingkungan bersih dan kualitas hidup yang baik. Makin lengkap dengan guru atau pendidik yang terlatih dan memiliki setidaknya 1 gelar internasional.

Guru di Kanada terbiasa memotivasi murid-muridnya untuk mencapai masa depan yang sukses serta karir yang memuaskan. Bahkan universitas di Kanada selalu memantau lulusan mereka jika salah satu alumninya berada pada karir yang memuaskan. Walhasil, hubungan antara guru dan murid terus terjalin erat. 

Baca juga: 4 Kunci Sukses Menjadikan Sekolah Sebagai Unggulan

4. Jerman 

Jerman menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia karena dukungan pemerintah terhadap sistem pendidikan. Mengapa? Rupanya aturan, regulasi dan hukum mengadopsi kebijakan pendidikan, ilmu pengetahuan dan seni.

Untuk mengawasi sistem pendidikan, Jerman memiliki Kementerian Federal Pendidikan Urusan Kebudayaan dan Ilmu Budaya yang kemudian bekerja sama dengan lembaga, organisasi dan yayasan pendidikan. Pemerintah Jerman menjadikan urusan pendidikan sebagai tugas bersama dengan banyak pihak.

Misi pendidikan dini di Jerman dimulai dengan komunikasi antara anak-anak, kemudian berkembang dengan kedisiplinan dalam pelajaran sekolah, kegiatan atau acara sekolah hingga proyek formal dan informal. Guru di Jerman tidak hanya memiliki pendidikan yang mumpuni tapi juga terlatih. 

5. Prancis

Sekolah di Prancis agak berbeda dengan sekolah di negara Eropa lainnya yang memberikan kebebasan besar kepada muridnya. Sistem pendidikan Prancis terbilang ketat. Sejak dini, murid di Prancis tidak memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan tidak banyak acara seni atau kegiatan di sekolah. Siswa di Prancis harus mencapai nilai standar yang ditentukan untuk bisa lulus.

Walhasil, murid-murid di Prancis terbilang sangat serius dalam urusan pendidikan. Jam sekolah di Prancis juga terbilang panjang, mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Standar akademik yang tinggi dengan disiplin yang ketat membuat murid prancis terbiasa belajar setiap saat.

Sementara itu, pembelajaran di Prancis menekankan pemikiran analitis dan pembelajaran hafalan. Cara tersebut diharapkan menempatkan nilai akademik murid tinggi.   

6. Australia

Australia mendapatkan label dengan negara terbaik dalam sistem pendidikan di dunia karena sifatnya yang transparan tentang sekolah. Pemerintah Australia memiliki situs yakni MySchool yang berisi tentang data-data semua sekolah di Australia. Dalam website tersebut terdapat hasil tes murid mulai dari tes literasi dan numerasi.

Murid di Australia diwajibkan memiliki keterampilan membaca, menulis, bahasa dan berhitung. Disiplin menjadi kunci proses belajar mengajar berjalan sukses di Australia. Murid wajib hadir di sekolah dari Senin hingga Jumat pada pukul 09.00 sampai 15.30.

Di sisi lain, guru di Australia dipersiapkan dengan baik dan kuat dalam hal kepemimpinan. Sejak tahun 2010, Australia mewajibkan guru mereka memiliki standar kepemimpinan, keterampilan dan pengetahuan yang terus diperbaharui setiap tahun.

7. Swiss

Swiss menjadikan pendidikan dan pengetahuan sebagai sumber daya yang sangat penting di negaranya. Hal ini karena Swiss tidak memiliki sumber daya alam (SDA) di negaranya. Pendidikan di Swiss dikontrol oleh Kementerian dan Sekretariat Negara. Meski dikontrol oleh pemerintah namun sistem pendidikan di Swis memperhatikan keinginan dan kemampuan siswa. 

Murid di Swiss terbiasa belajar keragaman dengan latar belakang bahasa yang beragam. Metode pengajaran di Swiss berpusat pada murid dengan sistem yang akan memantau perkembangan siswa. Guru akan membuat laporan dan mengevaluasi secara berkala tentang perkembangan muridnya.

Lingkungan sekolah pun dibuat nyaman dengan menawarkan makan siang dan memiliki tenaga medis khusus di sekolah membuat murid betah untuk belajar di sekolah. 

8. Swedia

Swedia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Metode pembelajarannya menekankan pada individu dan kebebasan murid. Meski begitu, pemerintah menjadi otoritas yang merancang kurikulum pendidikan termasuk kursus yang diterima para murid.

Sekolah harus menerapkan pendekatan pembelajaran individual, kelas terbuka, tidak ada seragam sekolah dan metode pengajaran yang modern. Kurikulum yang disetujui juga bertumpu pada keaktifan murid sehingga guru dapat mengajar dengan gaya seperti latihan bersama ketimbang mengajar di papan tulis.

Guru berperan seperti penunjuk yang menitikberatkan pada keaktifan murid. Bahkan dalam metode ujiannya, lebih banyak dengan metode penulisan esai. 

9. Jepang

Sistem pendidikan di Jepang adalah kebanggaan bagi negaranya. Di tengah modernisasi pendidikan saat ini, Jepang tetap mempertahankan pendekatan belajar tradisional yang menempatkannya sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Mata pelajaran yang dipelajari murid Jepang, antara lain: Matematika, IPA, IPS, musik, kerajinan tangan, olahraga, dan ekonomi rumah tangga. Mata pelajaran yang menggabungkan keterampilan menjadi kurikulum pendidikan di Jepang, berikut juga pelajaran seni tradisional Jepang. Meski begitu, pelajaran teknologi informasi tetap diberikan. 

Hubungan guru dengan murid juga terjalin dengan baik. Adalah pemandangan umum murid dan guru makan bersama sambil berdiskusi tentang materi pembelajaran. Keakraban yang terjalin membuat murid senang berada di sekolah. Walhasil tingkat bolos dan datang terlambat ke sekolah sangat rendah. 

10. Belanda 

Sebagai negara kecil namun penduduknya banyak berasal dari mancanegara, Belanda menerapkan sistem pendidikan mereka sesuai dengan nilai yang mereka anut. Mereka menghormati pendapat dan keyakinan setiap individu sehingga menempatkan Belanda sebagai negara majemuk dan beragam.

Inilah yang diadopsi dalam metode pengajaran di institusi pendidikan Belanda dengan menekankan pada kerja tim dan menciptakan lingkungan ideal untuk berteman. Para pendidik di Belanda juga terbiasa mengajar dengan interaktif yang berpusat pada murid. Dengan begitu, guru dapat memberikan perhatian yang besar kepada murid untuk mengembangkan pendapat serta kreativitas mereka dari pengetahuan yang baru mereka peroleh. 

Nah, kini Anda sudah mengetahui negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Semoga memberikan pencerahan dan inspirasi untuk Anda dalam memberikan pendidikan yang terbaik kepada murid.