Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Profesi Guru

Beranda / Edukasi / Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Profesi Guru
Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Profesi Guru

Rekomendasi Laptop Acer Terbaik untuk Profesi Guru

Laptop merupakan salah satu perangkat yang banyak membantu guru dan pelajar dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya sebagai alat kerja, laptop bahkan telah menjelma sebagai media hiburan.

Apalagi saat ini proses belajar mengajar dilakukan dengan mengkombinasikan metode online maupun tatap muka (hybrid learning dan blended learning) yang akhirnya membuat laptop sebagai alat yang wajib dimiliki guru. Dengan laptop, guru akan terbantu dalam menyusun materi pembelajaran, mengajar, dan melakukan evaluasi atas proses belajar mengajar.

Namun, mencari laptop untuk guru tidak bisa sembarangan. Terlebih jika pertimbangan kita hanya sekadar harga. Jenis, spesifikasi dan merek laptop tidak boleh dikesampingkan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari laptop untuk guru, berikut ini rekomendasi yang harus Anda baca. 

Pentingnya Laptop Bagi Seorang Guru di Era Digital

Boleh dikatakan laptop saat ini sangat powerfull bagi guru. Sebab laptop memudahkan guru saat ini untuk mengajar karena sekarang laptop telah menjelma menjadi papan tulis pintar.  

Berikut sejumlah alasan mengapa laptop sangat penting bagi seorang guru di era digital saat ini. 

1. Membantu Pekerjaan Sehari-hari

Dari laptop guru bisa mendemonstrasikan sebuah proyek, menyusun materi pelajaran dengan platform menarik sehingga proses belajar mengajar jadi lebih interaktif. 

Laptop membantu guru untuk mengorganisir dan mengingat segala pekerjaan, bahkan guru dapat lebih mudah untuk mengevaluasi atau melakukan review tugas murid dalam satu tempat. Pekerjaan mengoreksi, mengubah dan mengandakan sebuah materi jadi lebih mudah. 

2. Mengasah Keterampilan Lain

Nilai plus dari penggunaan laptop, guru akan terpacu untuk belajar kemampuan menulis, kreatifitas, komunikasi, multimedia dan mengoperasikan sebuah teknologi. Tentu saja semua kemampuan itu akan terus bertumbuh sejalan dengan penggunaannya yang rutin. 

Kemampuan tersebut tentu sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika menghadapi murid, orang tua dan ketika berada di lingkungan sekolah. 

Baca juga: 3 Solusi Teknologi dari Acer untuk Mendukung Sekolah Tatap Muka Terbatas

3. Pengalaman Mengajar yang Lebih Baik  

Pengalaman belajar mengajar akan lebih menyenangkan dengan sentuhan teknologi. Hal sederhana misalnya, dibandingkan harus menulis di papan tulis akan jauh lebih menarik guru mempresentasikan materi di PowerPoint. Tentu cara tersebut jauh lebih efisien dan menarik perhatian murid untuk belajar. Bahkan dapat membuat kelas jadi lebih interaktif. 

4. Lebih Produktif 

Menggunakan laptop akan membuat guru dapat merencanakan pekerjaannya. Ragam aplikasi dalam laptop membantu guru untuk membagi waktu untuk mengejar, evaluasi dan merencanakan sesuatu. 

Dalam hal evaluasi pelajaran dan memantau perkembangan muridnya, laptop membantu untuk mendapatkan hasilnya. Plus mencatatnya, sehingga ketika data tersebut dibutuhkan hanya perlu membukanya dari laptop. Hal ini tentu akan membuat guru lebih produktif karena segala urusan jadi lebih efisien.

5. Mobilitas Lebih Mudah

Salah satu kegunaan laptop untuk guru adalah pekerjaan dapat dibawa kemana saja. Ini artinya ketika Anda bisa bekerja di luar kelas atau di luar jam kelas. Bahkan tidak harus berdiam diri di suatu titik, Anda bisa berganti posisi atau lokasi. Misalnya ketika sedang menumpang kendaraan. Tentu saja dalam kondisi ini, laptop Anda telah terisi baterainya. 

Pertimbangan Apa saja yang Perlu Diperhatikan Guru?

Sudah memahami benefit dari penggunaan laptop, lalu laptop seperti apa yang kira-kira ideal untuk guru? Berikut sejumlah saran laptop yang cocok untuk guru sesuai dengan kebutuhan Anda: 

1. Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

CPU yang powerful, RAM yang besar dan ruang penyimpanan yang lega untuk menyimpan berbagai dokumen penting hingga pekerjaan rumah. 

Selain itu juga memiliki keyboard dan trackpad yang baik, ringan dan tipis. Pastikan pula layar tidak menyebabkan mata mudah lelah atau tegang ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama.  

2. Desain

Desain memang kerap tak menjadi hal penting dalam pemilihan laptop. Sebab, desain sebuah laptop tidak akan mempengaruhi kinerja sebuah laptop tersebut. 

Hanya saja bila Anda tipe yang sangat memperhatikan mode atau sebuah desain maka pertimbangan jenis desain laptop yang minimalis, slim, bobo ringan sehingga memudahkan ketika mobilitas Anda tinggi. 

3. Sistem Operasi 

Ini akan menentukan pilihan laptop yang cocok untuk guru. Apakah Anda memilih sistem OS atau Windows? Tentu saja pilihan ini harus disesuaikan dengan ketertarikan Anda pada sistem operasinya. 

Bila Anda ingin memilih Windows berarti pilihan mayoritas orang saat ini, dan membuat Anda memiliki ragam pilihan laptop yang salah satunya adalah Acer

Baca lagi: 6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik

4. Kapasitas Baterai

Seberapa lama laptop bisa digunakan tanpa harus sering mengisi dayanya, bisa jadi pertimbangan pilihan Anda. Rata-rata kekuatan baterai dari yang terisi dayanya full dalam sehari penggunaannya selama 8 jam. 

Anda tidak harus terpaku pada satu tempat atau lokasi karena harus sering mengisi daya. Jadi pastikan, sebelum Anda membeli laptop kekuatan baterai bisa antara 5 hingga 8 jam. 

5. Ukuran Laptop 

Sebagai bagian dari pekerjaan sehari-hari, laptop Anda pasti akan sering dibawa ke berbagai tempat. Tak terbatas di sekolah tapi juga sejumlah tempat dimana Anda ingin bekerja. Biar mobilitas Anda lancar dan tak terkendala karena ukuran laptop atau bobotnya yang terlalu menyita barang bawaan. 

Pertimbangkan dengan matang ukuran laptop Anda. Ada empat jenis Apakah dalam kategori very large yang biasanya memiliki layar 17 inch, cllasic large dengan layar sekitar 15,6 inch, small yang berlayar 13,3 inch dan very small dengan layar sekitar 11,6 inch.  

Rekomendasi Laptop Acer yang Cocok untuk Guru

Sekarang waktunya melihat laptop yang cocok untuk guru. Sebagai salah satu produsen laptop khusus pendidikan, laptop buatan Acer sangat layak untuk Anda pertimbangkan miliki. Sebab segala kebutuhan Anda sebagai seorang guru akan jadi lebih mudah dengan bantuan laptop Acer. 

Nah, sejumlah rekomendasi laptop yang cocok untuk guru berikut ini telah memenuhi kriteria benefit dan pertimbangan mengapa Acer harus menjadi bucket list Anda. Yuk simak baik-baik produk terbaru laptop Acer berikut ini. 

1. Extensa X215

Kenyamanan serta jadi lebih produktif setiap harinya bisa Anda dapatkan dari pilihan laptop Acer Extensa X215 ini. Extensa sangat nyaman digunakan untuk bekerja berjam-jam dengan RAM sebesar 8 GB, kecepatan hard drive memutar video tentu bukan masalah. 

Secara ukuran, laptop ini ringan dengan bobot 1,9 Kilogram begitu juga dengan layarnya yang tipis sehingga memudahkan Anda yang harus berpindah kelas. Mata Anda juga tak mudah lelah dengan layar anti-silau dari Extensa. Ketika Anda melakukan presentasi langsung dapat menghubungkan laptop dengan output video HDMI ke proyektor atau TV. 

Intel Iris XE juga membuat Extensa sangat unggul untuk urusan konten. Anda bisa menjadi seorang creator kreator dengan laptop ini. 

Baca lagi: 3 Solusi Teknologi dari Acer untuk Mendukung Sekolah Tatap Muka Terbatas

2. Acer Chromebook C933  

Layar cerah, baterai tahan lama dan desain yang kokoh adalah keunggulan dari Acer Chromebook C933. Dengan ukuran 12,8 x 9,1 x 0,8 inci, C933T meski bongsor untuk ukuran Chromebook 14 inci tapi dapat dengan mudah masuk ke dalam ransel Anda. Beratnya ringan tak akan menambah banyak beban bawaan Anda. 

Acer Chromebook C933 menjadi laptop yang cocok untuk guru karena sudutnya kuat, bumpernya didesain tahan goncangan serta keyboard dan touchpad yang mampu menahan tumpahan ‘kecil’. 

Dalam urusan mengajar, Anda juga akan terbantu dengan dukungan bluetooth 5 dan Wi-Fi 802.11ac. Ketika hendak menghubungkan dengan sejumlah perangkat sekolah jadi lebih mudah. Daya tahan baterai laptop ini bisa sampai 10 jam sekalipun bila secara non-stop memutar video. 

3. Acer Chromebook R752TN

Mencari laptop dengan daya tahan lama, berkinerja baik dan stylish? Plus mudah untuk dibawa kemana-mana? Acer Chromebook Spin 11 bisa jadi pilihan Anda. Ukurannya mini dan terbuat dari plastik tapi laptop tetap kokoh dengan berat 1,35 kilogram.  

Kinerja maksimal dengan prosesor Intel Core m3 dan penyimpanan ganda. Layarnya terang tapi tidak menyilaukan mata dengan resolusi full HD. Tersedia dua port yakni untuk mentransfer data dan mengisi baterai. Paket lengkap untuk port yakni untuk slot kartu microSD dan jack headphone.   

4. Acer Chromebook C871

Rekomendasi laptop yang cocok untuk guru lainnya adalah Acer Chromebook C871. Dirancang untuk kehidupan online dan on-the-go, Acer Chromebook mengemas banyak fitur di dalam casis yang kecil dan ringan tapi sangat kokoh. 

Acer Chromebook C871 menawarkan konektivitas dua band intel Wi-Fi 6 (Gig+) AX201 (802.11x) sehingga memudahkan Anda menghubungkan Chromebook pada Wifi. Sistem operasional Chrome juga sangat aman. Secara otomatis Chrome akan terbaharui dan terlindungi dari ancaman virus dan malware online

5. Acer Chromebook Spin 513

Pekerjaan Anda akan lebih cepat diselesaikan dan mudah dengan bantuan Acer Chromebook Spin 513. Sebab, Chromebook ini sistem operasionalnya telah berbasis cloud dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 7. 

Saat Anda harus membuka sejumlah tab sekaligus memutar musik terasa mudah. Kapasitas penyimpanan data di laptop ini juga besar 64GB eMMC dan RAM 4GB dengan tambahan penyimpanan dari cloud. 

Baterai yang tahan lama saat digunakan seharian jadi pertimbangan penting memilih laptop. Dalam pemakaian normal Acer Chromebook Spin 513 bisa bertahan selama 14 jam. 

Bagaimana sudah tercerahkan untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya!