Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuat Soal di Era Pembelajaran Online

Beranda / Edukasi / Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuat Soal di Era Pembelajaran Online
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuat Soal di Era Pembelajaran Online

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuat Soal di Era Pembelajaran Online

Meski pembelajaran online telah berlangsung lebih dari setahun lamanya, banyak sekolah di Indonesia masih menghadapi kendala dalam penyelenggaraan kegiatan akademik. Salah satunya terkait dengan pelaksanaan ujian sekolah. Proses transisi dari ujian offline berbasis kertas dan pensil ke ujian online yang menggunakan bantuan aplikasi, ternyata masih menyisakan masalah.

Pada umumnya, masalah yang dihadapi sekolah berhubungan dengan ketidakjujuran siswa. Contohnya seperti menyalin jawaban dari internet, mencontek hasil pekerjaan sesama murid, menggunakan alat bantu seperti kamus dan kalkulator, serta mengerjakan ujian dengan bantuan orang lain. Sedangkan masalah bersifat teknis yang sering dikeluhkan murid berkaitan dengan kondisi jaringan internet yang mempengaruhi kelancaran ujian.

Sebagai solusinya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mendorong seluruh sekolah untuk menggunakan teknologi edukasi. Salah satunya adalah aplikasi pembuat soal.

Baca Juga: Bagaimana Mengimplementasikan E-Leadership dalam Pendidikan?

Aplikasi Pembuat Soal dan Keuntungan Menggunakannya

Aplikasi pembuat soal merupakan produk yang dikembangkan perusahaan teknologi edukasi.  Fungsi utamanya adalah membantu guru mulai dari menyiapkan soal, melangsungkan ujian secara online dan memberi penilaian. Jenis soal yang diujikan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik berbentuk pilihan ganda, esai maupun kombinasi keduanya.

Lantas, apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi pembuat soal pada guru dan murid? Berikut ini 6 di antaranya:

  1.  Membuat Kertas Ujian Secara Cepat

Aplikasi pembuat soal memiliki fitur bank pertanyaan atau perpustakaan soal yang memudahkan guru untuk membuat kertas ujian dalam waktu singkat. Untuk memperkaya variasi soal, guru juga dapat menambahkan pertanyaan mereka sendiri dalam lembar ujian.

  1. Meminimalisir Kecurangan

Aplikasi pembuat soal dapat membantu guru membuat soal dan jawaban secara acak untuk masing-masing peserta ujian. Karena soal untuk tiap murid berbeda, kemungkinan untuk saling mencontek, atau mengerjakan ujian bersama sama jadi berkurang. Aplikasi ini juga memungkinkan guru untuk memunculkan pertanyaan pada layar dengan batasan waktu.

  1. Hasil Ujian Muncul Seketika

Pada ujian berbasis kertas, penilaian ujian bisa memakan waktu yang cukup lama. Pekerjaan mencocokkan pekerjaan siswa dengan kunci jawaban juga cukup menyita waktu dan tenaga guru. 

Dengan menggunakan aplikasi pembuat soal, hasil ujian bisa diperoleh secara instan dan akurat. Beban guru pun jauh berkurang sehingga waktu kerja bisa difokuskan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

  1. Dapat Digunakan Sebagai Soal Latihan

Tidak hanya bermanfaat untuk melangsungkan ujian online, aplikasi ini juga dapat digunakan murid untuk melatih kemampuan mereka. Sekolah hanya perlu memberikan murid akses untuk menggunakan aplikasi. Murid yang mengerjakan soal juga dapat mengetahui kemampuan mereka karena hasil latihan bisa diketahui seketika.

Baca Juga: Transformasi Digital dan Perannya dalam Pendidikan di Indonesia

  1. Melacak Progress Murid

Beberapa aplikasi pembuat soal juga dapat menyajikan data perkembangan akademik murid. Melalui fitur ini, guru dapat mengetahui jika ada murid yang tertinggal dalam pelajaran, dan melakukan pendekatan untuk meningkatkan performanya. Di sisi lain, guru dapat mengevaluasi strategi mengajar yang dijalankan selama ini sehingga menemukan metode mengajar yang paling tepat untuk masing-masing murid.

  1. Lebih Hemat dalam Jangka Panjang

Sekolah memang harus membeli aplikasi pembuat soal. Namun, dalam jangka panjang justru menguntungkan secara finansial dibandingkan ujian offline. Sebab, sekolah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berulang untuk membeli kertas dan tinta untuk menggandakan soal ujian.

Solusi Jelajah Ilmu Melalui Fitur Kertas Ujian

Jika sekolah Anda tertarik mengintegrasikan teknologi dalam pelaksanaan ujian online, salah satu solusi yang layak dipertimbangkan adalah Jelajah Ilmu. Selain sekian fungsi di atas, melalui fitur kertas ujiannya, Jelajah Ilmu dapat membantu guru membuat soal yang telah disesuaikan dengan buku ajar, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Fitur kertas ujian milik Jelajah Ilmu juga sangat mudah dioperasikan. Dengan tampilan ramah pengguna, seorang guru maupun murid yang belum pernah menggunakan fitur serupa hanya butuh waktu singkat untuk menggunakannya seperti seorang yang fasih.

Bukan hanya sekadar aplikasi pembuat soal saja, Jelajah Ilmu merupakan sebuah solusi untuk mengintegrasikan sistem pembelajaran digital berstandar internasional ke dalam kurikulum Indonesia. 

Di dalam Jelajah Ilmu terdapat berbagai macam fitur dan fungsi yang tidak saja dapat memudahkan pekerjaan guru, kepala sekolah dan murid, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.

Fasilitas tersebut antara lain materi pengajaran harian, bank soal, rencana pelaksanaan pembelajaran hingga buku digital dari penerbit bersertifikasi yang telah diatur untuk membantu guru dan sekolah membuat pembelajaran lebih kreatif, berkualitas serta membantu murid dalam proses belajar mandiri. 

Selain itu, Jelajah Ilmu menyediakan fitur-fitur yang dapat memberi keleluasaan kepada kepala sekolah dalam memantau seluruh kegiatan akademik di sekolah seperti melihat laporan kelas secara kolektif dan melihat perkembangan murid secara individu dan kegiatan yang dilakukan guru di dalam kelas. 

Bagi orang tua, fitur Jelajah Ilmu juga memberi kenyamanan dalam meninjau hasil belajar anak di sekolah, aktivitas atau kegiatan anak di sekolah, serta meninjau tugas anak dan tanggapan dari guru. Jelajah Ilmu tidak hanya memberikan kemudahan kepada guru, murid, kepala sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran era baru melainkan dapat meningkatkan pengalaman akademis baik secara online, tatap muka maupun hybrid.

Bagi Anda yang ingin mengintegrasikan Jelajah Ilmu dalam pelaksanaan belajar mengajar di sekolah, hubungi Jelajah Ilmu sekarang juga dan bergabunglah dengan sekolah-sekolah terbaik di dunia untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui integrasi teknologi.