Gamifikasi Dalam Pendidikan, Keuntungan dan Contoh Penerapannya di Sekolah

Beranda / Edukasi / Gamifikasi Dalam Pendidikan, Keuntungan dan Contoh Penerapannya di Sekolah
Gamifikasi Dalam Pendidikan, Keuntungan dan Contoh Penerapannya di Sekolah

Gamifikasi Dalam Pendidikan, Keuntungan dan Contoh Penerapannya di Sekolah

Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya belajar mengajar di sekolah dari tatap muka ke pembelajaran online. 

Sayangnya, proses belajar yang dilakukan secara online memiliki kekurangan dalam hal interaksi. Sehingga, jamak dikeluhkan kelas online membosankan dan kurangnya partisipasi murid akan pelajaran yang berlangsung. 

Mengatasi hal tersebut, guru pun dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan pelajaran saat kelas online berlangsung. Misalnya dengan menggunakan film sebagai sisipan dalam mengajar, atau menggunakan musik, juga alat peraga. Cara lain yang bisa digunakan guru adalah dengan menyisipkan game dalam pelajaran. 

Penggunaan game atau gamifikasi dalam pendidikan dalam kelas online semakin sering dilakukan guru. Tertarik mengaplikasikannya dalam kelas online Anda? Yuk, simak artikel lengkap tentang gamifikasi dalam pendidikan.     

Apa Itu Gamifikasi?

Secara umum, gamifikasi adalah penggunaan aplikasi permainan yang bertujuan menarik perhatian orang. Salah satu cara untuk menarik perhatian orang adalah dengan melibatkan mereka. 

Bila dulu bermain game untuk mendapatkan hiburan, belakangan game meluas fungsinya dan masuk dalam dunia pendidikan. Guru dan murid menggunakan sarana game sebagai bagian dari pembelajaran dan dikenal dengan sebutan gamifikasi dalam pendidikan. 

Gamifikasi dalam pendidikan semakin sering digunakan guru saat mengajar secara virtual. Lewat permainan, guru bisa menarik perhatian murid untuk tetap fokus dalam belajar sampai selesai, dan mampu menangkap pesan atau makna dari pelajaran yang disampaikan.  

Bila Anda tertarik untuk menerapkan gamifikasi dalam pendidikan dan ingin sukses menggunakannya, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas. 

Baca lagi: Panduan Membuat Program kerja Kepala Sekolah Tahun Akademik 2021/2022

Menjelaskan Keuntungan Penerapan Gamifikasi di Kelas

Menghadapi ketidakpastian karena pandemi Covid-19, membuat siswa berpartisipasi dalam Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidaklah mudah. Tentu ini pekerjaan yang menantang bagi guru dalam menyusun materi pelajaran yang lebih menarik dan membuat murid semangat belajar. 

Solusi kreatif harus dimiliki guru saat memberikan pelajaran salah satunya dengan gamifikasi dalam pendidikan yang diterapkan di kelas. Benarkah gamifikasi dapat menolong guru untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan? Berikut paparan lengkapnya: 

Murid menyadari belajar adalah kebutuhan 

Bila murid sudah mencapai kesadaran tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dari murid ketika mengajar. Ini akan membuat guru fokus pada metode pengajaran yang sifatnya menanamkan ilmu pengetahuan baru. 

Gamifikasi di kelas bisa membantu Anda mencapai kondisi ideal tersebut. Sebab permainan membantu anak mengetahui tujuan dan gol mereka. Ketika mereka mengetahui itu semua, maka mereka menyadari bahwa yang dilakukan saat ini adalah kebutuhan.          

Murid lebih aktif 

Gamifikasi dalam e-learning mendorong murid jadi lebih aktif dalam membuat konten belajar. Murid juga lebih bersemangat belajar dan senang untuk menggali informasi atau menemukan informasi baru. 

Sebabnya, permainan membuat suasana lebih menyenangkan dan tak membosankan. Hal ini akan mendorong murid untuk terlibat dalam pelajaran atau sebuah proyek.  

Murid menyukai kompetisi 

Seperti kita ketahui, permainan adalah sebuah kompetisi. Apakah kita bisa memenangkan pertandingan dan mencapai level tertinggi dari game tersebut, tentu dibutuhkan motivasi untuk menyelesaikan sejumlah tantangan.  

Begitu juga dalam penerapan gamifikasi dalam pendidikan, murid akan termotivasi untuk bersaing dengan temannya. Murid ingin mencapai skor tinggi, penghargaan, dan peringkat tertinggi dalam permainan.

Terbiasa bekerja sama

Saat menerapkan gamifikasi dalam pendidikan murid akan terbiasa membentuk sebuah kelompok untuk bekerja sama satu sama lain. Bila murid mampu bekerja sama dengan temannya, maka mereka akan terbiasa dalam berbagi ide, berdebat, berpikiran kritis dan proses pemikiran strategis.  

Baca lagi: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Contoh Penerapan Gamifikasi yang Efektif 

Sudah tertarik untuk menerapkan gamifikasi di kelas Anda? Nah, sebelum mengeksekusinya, Anda perlu membaca beberapa contoh penerapan gamifikasi sehingga dapat membantu Anda ketika nantinya diterapkan di kelas. Berikut contoh penerapan gamifikasi yang efektif di kelas:

  1. Jadikan gamifikasi sebagai bagian dari evaluasi 

Bila Anda hendak memasukkan gamifikasi di setiap mata pelajaran yang hendak disampaikan, maka Anda harus memastikan sejak awal pelajaran diberikan menarik. Lalu ketika memasuki pertengahan materi, beri tahu murid bahwa pelajaran akan berlanjut dengan permainan. 

Permainan tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai evaluasi kecil atau kuis untuk mengetahui apakah murid memahami materi pelajaran yang diberikan. Permainan yang dibuat hendaknya seperti sebuah tantangan kepada murid, supaya bisa menyelesaikan sebuah permainan. 

2. Gamifikasi berupa pilihan ganda

Bila Anda kesulitan atau bingung untuk membuat gamifikasi dalam pelajaran, dapat menggunakan pilihan ganda sebagai bagian dari gamifikasi dalam pendidikan. Buat seolah-olah seperti permainan bukan sebagai ujian semata. 

Agar murid merasa seperti bukan ujian, Anda harus menyiapkan beberapa topik yang bisa dipilih murid. Selanjutnya buat seolah-olah seperti permainan dengan memberikan score berbeda-beda di setiap pilihan yang benar. 

3. Buat murid Anda seperti detektif 

Cara lain yang menyenangkan penerapan gamifikasi dalam pendidikan adalah dengan memainkan peran. Misalnya sebagai seorang detektif atau seseorang yang membawa sebuah misi. 

Permainan seperti ini akan mendorong rasa ingin tahu murid, sehingga mereka terpacu dan bersemangat dalam mencari ilmu atau wawasan baru. Anda bisa memberikan petunjuk untuk misi yang harus diselesaikan, lalu berikan kata kunci dan media terpercaya yang bisa membantu mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan.     

Baca lagi: 5 Pilihan Laptop Acer Terbaik, Cocok untuk Anak Sekolah

4. Berikan reward seperti lencana 

Akhir dari permainan yang Anda lakukan selama pelajaran adalah memberikan apresiasi berupa reward dengan lencana. Anda bisa menyiapkan seperti piagam atau lencana kepada mereka yang berhasil mendapatkan skor tertinggi. 

Piagam atau lencana tersebut kemudian pasanglah misalnya di papan pengumuman. Jelajah Ilmu misalnya, memiliki deck khusus di platform papan pengumuman dengan memberikan lencana kepada murid. Papan pengumuman di Jelajah Ilmu dapat dilihat murid, guru dan warga sekolah. Tentu ini akan menambah semangat dan rasa percaya diri murid. 

Gunakan Jelajah Ilmu untuk Menerapkan Gamifikasi 

Semakin yakin untuk menggunakan gamifikasi dalam pendidikan, berarti Anda harus segera memulainya. Jelajah Ilmu dapat membantu Anda untuk mulai menggunakan gamifikasi di kelas. 

Sebab sejumlah fitur yang terdapat di Jelajah Ilmu merupakan solusi komprehensif untuk dunia pendidikan, yang secara terintegrasi menggabungkan solusi pembelajaran digital dengan Standar Internasional yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia. 

Sebelum Anda memulai gamifikasi, dapat lebih dulu mulai memberikan materi pengajaran harian, bank soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku digital dari penerbit bersertifikasi yang semuanya itu diharapkan dapat membantu guru dan sekolah dalam mengembangkan materi pembelajaran yang lebih kreatif dan berkualitas serta memberikan keleluasaan dan kemandirian siswa dalam belajar. 

Selain itu, Jelajah ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis, baik secara online, tatap muka maupun hybrid.

Anda bisa memanfaatkan video kelas yang ada di Jelajah Ilmu selama proses belajar mengajar, lalu memulai gamifikasi tersebut dalam video. Selain itu, dalam penerapan gamifikasi pilihan ganda, Anda bisa menerapkannya dalam lembar ujian kuis. Menariknya, sebagai guru tidak perlu menghitung secara manual untuk mengetahui skor atau nilai dari kuis pilihan ganda yang diikuti karena sudah dihitung secara sistem. 

Sudah mengetahui manfaat tentang gamifikasi dalam pendidikan, plus sudah mengetahui bagaimana harus memulainya dan Jelajah Ilmu yang bisa membantu Anda mewujudkannya. Selamat mencoba!