5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan

Beranda / Edukasi / 5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan
5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan

5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan

Kemajuan teknologi memengaruhi kehidupan dan membuatnya menjadi lebih mudah. Meningkatnya teknologi juga diterapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Teknologi pada pendidikan manfaatnya bisa dirasakan bukan hanya oleh murid saja, tetapi juga oleh guru atau tenaga pendidik.

Teknologi pendidikan dapat meningkatkan kinerja belajar murid serta kualitas mengajar tenaga pendidik. Selain itu, banyak manfaat lain dari penerapan teknologi pendidikan. Guru mampu membuat alternatif cara mengajar yang lebih interaktif dengan slide presentasi atau video penunjang materi pembelajaran agar tidak monoton.

Sering kali, murid maupun guru dihadapi materi yang sulit untuk dipelajari, dan biasanya cenderung mencarinya lewat buku teks yang dimiliki. Nah, adanya teknologi seperti mesin pencari, guru dan murid bisa lebih cepat mendapatkan jawaban atau solusi pemecahan masalah dari materi yang dipelajari.

Selain itu, teknologi pendidikan juga jadi solusi dalam kondisi yang penuh dengan keterbatasan, seperti saat pandemi COVID-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan beberapa waktu untuk menghindarkan terjadinya penyebaran virus. Kondisi ini memunculkan tren baru di dunia pendidikan, yakni kelas tanpa batas ruang dan media belajar tanpa batasan.

Teknologi berhasil menjadi media yang memungkinkan guru dan murid untuk melakukan proses belajar mengajar tanpa bertatap muka secara langsung. Seperti mengajar lewat video conference atau mengirim tugas dan materi lewat grup chatting hingga e-mail. Keberadaan teknologi dapat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam negeri.

Teknologi memberikan manfaat untuk pendidikan. Maka dari itu, perlu dimaksimalkan cara memanfaatkan teknologi untuk pendidikan, baik bagi guru maupun murid. Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Memaksimalkan Fitur di Smartphone

Kepemilikan smartphone bisa dibilang jadi gadget wajib di era teknologi. Penggunaan smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, tapi juga bisa mendukung aktivitas sehari-hari, termasuk belajar.

Smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu Anda dalam mempelajari materi atau mengembangkan cara belajar yang tidak monoton. Salah satunya, fitur kalkulator scientific yang bisa membantu untuk menghitung soal matematika yang rumit. Jika Anda seorang guru musik, Anda bisa merekam materi lagu dan membagikan ke murid melalui grup obrolan. 

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Media Pembelajaran Online

2. Website Penyedia Materi Pelajaran Terpercaya

Berkembangnya teknologi diikuti dengan akses internet. Penggunaan internet dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan dengan mencari atau mempelajari materi pelajaran di berbagai situs. 

Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan informasi pendidikan mengenai materi pelajaran, baik di Indonesia hingga seluruh dunia. Maka dari itu, pilihlah situs yang kredibel agar kebenaran ilmunya bisa dipertanggungjawabkan.

Pilihlah situs yang bisa membantu Anda mencari materi pelajaran yang relevan dengan apa yang sedang dipelajari. Jika Anda seorang tenaga pendidik, bisa juga memanfaatkannya dengan mencari cara mengelola kelas online menjadi lebih interaktif.

3. Memakai Aplikasi Penunjang Kegiatan Belajar

Teknologi-Pendidikan-Aplikasi-Penunjang-Kegiatan-Belajar

Selain memaksimalkan fitur di smartphone dan penggunaan internet di mesin pencarian, keduanya bisa digunakan dengan memanfaatkan aplikasi penunjang belajar. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang berisi soal-soal mata pelajaran yang bisa jadi latihan bagi murid atau inspirasi pembuatan soal bagi guru.

Ada juga aplikasi yang menawarkan bimbingan belajar secara online, baik memberikan materi secara teks, audio, hingga video. Ada juga aplikasi yang menunjang kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar, seperti kuis interaktif yang bisa diselesaikan murid layaknya bermain video game. Aplikasi penunjang kegiatan belajar mudah didapat, baik digunakan secara online atau offline.

4. Mempelajari Bahasa Asing dengan Kamus Online

Penguasaan bahasa asing bisa dibilang adalah keharusan, karena ketersediaan informasi dan akses tanpa batas negara, memungkinkan Anda bisa berinteraksi dan bekerja sama dengan semua orang di dunia. Apalagi, sebagai guru, Anda bisa mengadopsi cara belajar mengajar guru di sekolah-sekolah luar negeri lewat interaksi melalui diskusi online.

Akses untuk belajar bahasa asing kini mudah. Anda bisa menggunakan beberapa situs kamus online yang saat ini sudah banyak tersedia di mesin pencari. Ada juga dalam bentuk aplikasi. Dalam kamus online, ada juga fitur audio cara pelafalannya.

5. Memanfaatkan Video Pembelajaran Online

Teknologi-Pendidikan-Video-Pembelajaran-Online

Situs video sharing, seperti YouTube, bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mencari hiburan. Melainkan bisa juga mengakses video pembelajaran yang informatif. Mulai dari tutorial, tips, pembahasan mendalam, hingga pemecahan rumus matematika yang rumit.

Berbagai video tersebut bisa diunduh dan disisipkan dalam kelas online. Langkah ini cocok untuk murid yang lebih suka belajar dengan bantuan media audio dan visual. Melalui video pembelajaran online, guru juga bisa mencari inspirasi dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan tidak membosankan. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan skill lain, seperti interaksi dengan bahasa asing.

Baca juga: Tips Belajar Online di Rumah untuk Murid dan Orang Tua

Penggunaan teknologi untuk pendidikan memiliki beragam manfaat untuk kelangsungan pembelajaran. Namun, di sisi lain, karena mudahnya informasi yang mudah diakses, perlu diperhatikan karena tidak hanya informasi positif, tetapi juga ada informasi yang negatif.

Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan proses mengajar oleh sekolah dan guru. Selain itu, teknologi pendidikan dapat dimanfaatkan juga untuk menggali lebih banyak ilmu, baik bagi murid dan guru. Suatu negara yang mampu mengadopsi teknologi pendidikan dengan baik, maka kualitas pendidikannya pun akan semakin membaik.