6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini

Beranda / Edukasi / 6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini
6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini

6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini

Manfaat LMS atau Learning Management System di bidang pendidikan menjadi solusi dari efektivitas pembelajaran berbasis digital. LMS merupakan software yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran dalam program e-learning, sekaligus membantu dalam administrasi, dokumentasi, distribusi, dan pencatatan.

Mengingat LMS bersifat full online, bentuk kolaborasi murid dan guru sepenuhnya dilakukan melalui perangkat komputer. Penggunaan sistem LMS sangat penting untuk pengajar dan pelajar di era digital saat ini maupun di masa depan, terutama di masa pandemi COVID-19 ketika semua kegiatan belajar mengajar dilakukan virtual.

Manfaat LMS bisa didapat dari berbagai fitur-fiturnya yang lengkap, seperti Easy GUI sebagai opsi interface agar pengguna tidak merasa bosan. Ada juga kustomisasi bahasa, pengaturan notifikasi, dan fitur penting lainnya dapat diubah agar sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, ada pula perencanaan kelas virtual, jaringan sosial, forum komunikasi, sistem report, tes online, pembuatan konten, dan masih banyak lagi demi mendukung pembelajaran online yang lebih komprehensif.

Dari penggunaan fitur-fitur canggihnya, apa saja manfaat LMS demi pembelajaran yang maksimal dan efektif? Simak poin-poinnya di bawah ini.

1. Kolaborasi guru dan murid

Menggunakan model pengajaran baru melalui LMS berbeda dengan aktivitas belajar mengajar dalam pengaturan kelas tatap muka pada umumnya. Dengan fitur-fitur yang ada, dapat memfasilitasi kolaborasi yang mudah antara guru dan murid di mana pun dan kapan pun.

Adanya platform komunikasi, seperti aplikasi obrolan yang memungkinkan guru berkomunikasi dengan murid via chat, video, atau audio. Platform ini juga memberikan akses ke semua pengguna, sehingga memudahkan koordinasi, seperti forum atau utas percakapan.

Fitur-fitur LMS juga kontekstual. Guru dapat memposting topik untuk diskusi, materi kursus, atau tugas demi interaksi belajar yang menyenangkan. Murid juga dapat mengajukan pertanyaan dan masalah lainnya terkait pembelajaran. Menariknya, obrolan akan tersimpan dan mudah untuk melacak dan memantau percakapan.

2. Pengadaan Kuis atau Tes Online

Manfaat LMS tak hanya dalam segi percakapan, tapi juga segi peningkatan kinerja murid. LMS memiliki fitur kuis atau tes online yang bisa digunakan kapan saja. Mengingat guru tidak hadir secara fisik, guru tidak dapat memastikan murid-muridnya memenuhi tugas dengan cermat.

Satu-satunya cara untuk mengevaluasi murid dengan baik adalah melalui penilaian dengan kuis online. Guru bisa membuat pertanyaan yang bisa disimpan di “bank soal” dalam fitur LMS. Guru bisa membuat pertanyaan dari berbagai jenis soal, seperti pilihan ganda hingga esai.

Selain itu, aplikasi kuis online ini dapat memeriksa pekerjaan murid dan menghitung skor dengan rubrik penilaian yang sudah ditetapkan. Untuk tes jenis esai, guru dapat merespons jawaban murid sekaligus diskusi singkat mengenai topiknya. Beberapa LMS juga memiliki kemampuan untuk mengatur timer pada pertanyaan tertentu, mengacak pertanyaan, hingga mendeteksi duplikasi jawaban.

Dengan fitur kuis online, memungkinkan guru untuk mengembangkan pertanyaan kreatif dalam menguji pemikiran kritis dan keterampilan murid. Oleh karena itu, waktu yang dihemat dari penggunaan solusi LMS akan memastikan bahwa guru dapat bekerja secara efisien, memberikan pendidikan berkualitas tinggi, sekaligus meningkatkan prestasi murid.

3. Integrasi Data dan Laporan

manfaat-lms-integrasi-data

Mengelola kelas atau kursus online dengan LMS tidak perlu lagi khawatir akan pengumpulan data yang sebelumnya cenderung sulit dikumpulkan di ruang kelas, seperti kertas jawaban atau makalah tugas. LMS memiliki kemampuan untuk mengelola data dan laporan hingga memberikan pengguna insight terkait, seperti behaviour murid selama mengikuti kelas, mengerjakan tugas, dan sebagainya.

Fitur pelaporan otomatis tersebut mencakup tes penilaian selama kelas berlangsung, pelaporan kemajuan siswa dari materi yang diajarkan, dan pelacakan waktu belajar (untuk kelas mandiri). Selain itu, adanya kolom feedback dari murid demi evaluasi pengajaran guru, penilaian cara mengajar guru oleh murid, dan partisipasi murid (keaktifan di kelas).

Baca juga: Apa Itu Learning Management System untuk Pendidikan?

4. Akses Seluler

Pertumbuhan yang cepat dari perangkat mobile juga berdampak pada gaya pembelajaran. Tak bisa dimungkiri bahwa teknologi smartphone atau tablet saat ini sudah mendukung aplikasi untuk kelas online. Menariknya, platform LMS pun bisa menyesuaikan dan memungkinkan murid untuk mengakses materi pelajaran menggunakan data seluler.

Fleksibilitas ini memungkinkan sekolah dan universitas memudahkan koordinasi guru dan murid yang berada di luar jangkauan koneksi Internet kabel. Mereka dengan jadwal padat juga dapat mengakses kelas online dengan nyaman, karena akses seluler pada LMS ini.

5. Hemat Biaya dan Waktu

Penggunaan LMS yang tepat dapat mengurangi biaya pelatihan dalam berbagai cara karena guru tidak perlu bepergian. Hal ini menghemat biaya dan waktu perjalanan guru maupun murid. Bagi guru yang ingin membuka kelas online juga bisa menawarkan biaya kursus yang lebih murah. LMS dapat menghemat waktu dan biaya melalui pelatihan berbasis web.

6. Lingkungan yang Interaktif dan Kenyamanan Belajar

manfaat-lms-lingkungan-interaktif-dan-kenyamanan-belajar

Melalui manfaat LMS sebagai alat pembelajaran online baru, interaksi dan komunikasi diharapkan menjadi lebih baik meski tidak tatap muka. Murid yang kesulitan mendapatkan jawaban, bisa berkomunikasi dengan guru atau diskusi dengan siswa lain kapan saja dalam waktu tertentu.

LMS juga memiliki fitur pembuatan konten agar materi belajar makin menyenangkan. Murid juga dapat memilih interface sesuai dengan keinginan, agar suasana belajar tidak membosankan meski harus menatap layar terus menerus.

Adanya diskusi, opsi interface, dan pembuatan konten, keterlibatan LMS diharapkan membuat kegiatan belajar dan mengajar menjadi interaktif. Selama terhubung dengan jaringan internet, murid bisa belajar kapanpun dan di manapun.

Baca juga: 5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan Saat Anda mengevaluasi sistem LMS ini, pastikan bahwa semua fitur inti sudah terpasang, mulai dari perencanaan kelas online hingga saluran komunikasi. Manfaat LMS dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman belajar murid dan meningkatkan alur kerja guru. Dengan mempertimbangkan hal ini, LMS menjadi platform yang dapat membawa kualitas pendidikan ke tingkat berikutnya.